STAY

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
  • Home
  • Profile
  • Sukses
  • Adalah
  • Hak
  • Kita
  • Universitas Islam Indonesia
  • Sabtu, 16 Oktober 2010

    Sistematika komputer

    Sistematika komputer


    Sistematika komputer dibagi tiga bagian yaitu :

    1. Hardware : perangkat keras
    2. Software : Perangkat lunak
    3. Brainware : Pengguna

    1. Hardware, Perangkat keras terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :

    -Input : alat masukan contoh; mouse, keyboard, scanner
    -proses : alat pemroses contoh; CPU
    -output : alat keluaran contoh; display monitor, printer, speaker

    Software, Perangkat lunak terbagi dua bagian, yaitu :

    Sistem Operasi :adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.


    Sistem aplikasi : adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

    3. Brainware, Pengguna terbagi tiga bagian yaitu :
    o User adalah orang yang hanya menggunakan komputer itu sendiri
    o Programer adalah orang yang membuat atau menciptakan program baru
    o Analis adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Analis sistem memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem. Seorang analis sistem harus memiliki setidaknya empat keahlian: analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang analis sistem untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantu seorang analis sistem untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Seorang analis sistem harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang analis sistem mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu analis sistem dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan analis, programer, dan profesi sistem lainnya.


    Computer Hardware (Input , Process , and Output)

    HARDWARE komputer adalah perangkat keras yang terdapat di rangkaian komputer dan berfungsi hampir seluruhnya namun semua tetap bergantung juga pada software atau perangkat lunak. Sesuai namanya Hard (keras) Ware (barang/perangkat), jadi Hardware = Perangkat Keras. Hardware adalah bagian komputer yang keras – keras (?) bukan itu maksud saya . Jadi yang dimaksud dalam perangkat keras adalah perangkat tersebut berupa fisik dan dapat berinteraksi dengan manusia secara fisik tidak seperti software yang harus di operasikan yang harus melalui Hardware, kalau hardware kan gak ada softwarenya tetep bisa di utek – utek , di pencet – pencet; Kalo software ? ga bisa kan , hahaha.
    HARDWARE dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu :

    • Input
    • Proses
    • Output


    1. Input
    Input adalah bagian dari Hardware yang berfungsi sebagai alat atau perangkat yang memasukan data melalui sensor – sensor pada bagian tertentu yang memiliki fungsi tertentu untuk di proses dan di tampilkan atau di wujudkan ke hardware output.
    Input juga dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

    - Text Devices
    Text devices adalah perangkat yang berguna memasukan data berupa teks dan perintah perintah yang berupa tombol seperti pada keyboard.
    Keyboard adalah sebuah alat berbentuk papan yang terdiri dari beberapa tombol huruf. Keyboard merupakan peralatan magnetic yang digunakan untuk menginput teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian computer.



    - Pointing Devices
    yang dimaksud dengan pointing devices adalah alat atau piranti atau perangkat yang digunakan untuk menunjuk – nunjuk (Pointer). Pointing devices didasari dengan gestur – gestur yang berupa gerakan yang akan mengalami proses dan diterjemahkan berupa visual motion pada monitor yang berupa pointer yang bergerak gerak dan efek visual jika kita mengklik sebuah tombol.
    Contoh dari Pointing Devices adalah :
    Mouse adalah perangkat yang berfungsi menggerakan pointer,menunjukan perintah atau program pada layar monitor.Pada mouse terdapat klikan kiri dan klikan kanan.Pada klik kiri 1x berfungsi untuk memilih menu atau icon dan klik kiri 2x untuk membuka menu yang dituju

    - Composite devices
    Composite devices apabila diartikan artinya adalah alat gabungan jadi alat dari mulai mouse, keyboard, dan lain lain di gabung menjadi satu (hammer) namun yang dimaksud bukanlah demikian tetapi composite devices memiliki fungsi gabungan seperti pada gaming devices umumnya. Misalnya pada joypad yang terdapat tombol – tombol seperti keyboard namun juga terdapat analog yang berupa joystick mini.










    Audio, Image and Video Devices
    Audio dan Video devices adalah alat yang berfungsi sebagai input data atau pemasuk data ke alat proses untuk dicerna maksut saya di terjemahkan oleh alat output. Namun Audio dan Video devices memiliki ciri khas yaitu memasukandata berupa gambar , suara atau video. Sesuai namanya misalnya audio devices maka alat ini hanya dapat memasukan data berupa suara saja , contoh dari audio devices adalah microphone.








    2. Proses

    Proses adalah suatu Proses dimana setelah melakukan perintah pada alat – alat input kemudian akan ditampilkan atau di terjemahkan oleh alat – alat output maka akan melalui sebuah proses. Alat – alat input memiliki peranan masing masing begitu juga dengan alat proses, berikut alat – alat nya :

    - Processor
    Processor adalah Sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer. Fungsi dari processor adalah menerjemahkan kode – kode yang diberikan kepada memori RAM kemudian ke chipset baru ke Processor atau CPU untuk di terjemahkan untuk melalui kode – kode binary dan melakukan eksekusi selanjutnya.

    -Chipset
    Pengertian chipset
    Secara fisik, chipset berupa sekumpulan IC kecil atau chips yang dirancang untuk bekerjasama dan memiliki fungsi-fungsi tertentu. Pada sistem hardware komputer, chipset ini bisa terdapat pada motherboard, card-card (kartu-kartu) ekspansi, misalnya pada kartu grafis (video card), atau pada peralatan komputer lainnya. Fungsi chipset pada motherboard tidak sama dengan chipset pada kartu-kartu ekspansi. Begitu pula fungsi chipset pada peralatan komputer lainnya. Masing-masing memiliki fungsi sendiri yang bersifat spesifik.

    -RAM
    RAM adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data.RAM bersifat sementara atau data yang tersimpan dapat dihapus.lain halnya dengan ROM.ROM mempunyai fungsi yang sama dengan RAM tetapi ROM bersifat permanent atau data yang tersimpan tidak dapat dihapus.








    -Graphic Processing Unit (G P U)
     

    GPU adalah Graphic Processing Unit , fungsi dari GPU sendiri adalah memroses graphic 3D atau 2D setelah program dieksekusi oleh CPU untuk di visualisasikan ke hardware output terutama monitor. Contoh GPU misalnya ATI DAN NVIDIA















    Sound Card


    Sound Card adalah seperti VGA card namun fungsinya yaitu memunculkan atau menyuarakan suara setelah di proses oleh CPU dari input berupa microphone atau lain lain.







    3.Output
    Output hardware adalah hardware yang berfungsi sebagai penampil data setelah di proses. Setiap output juga memiliki peran masing masing dan proses yang berbeda – beda. Berikut contohnya :



    - Monitor
    Monitor adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang telah di proses di dalam GPU agar dapat kita lihat dan kita nikmati.




    - Speaker
    Speaker berfungsi sebagai pembicara suara setelah di proses oleh sound card agar dapat kita nikmati, faktor speaker tidak lah seberapa penting jika kita gunakan hanya untuk mengetik atau programming saja.











    -Printer
    Printer adalah perangkat output yang bekerja menampilkan teks dalam bentuk fisik.



    print this page

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar